Sab. Apr 4th, 2020

Sistem Transportasi Modern Diterapkan di Luwuk

Penguji dari Balai Perhubungan sedang menyetel lampu lalu lintas, yang terintegrasi dengan sistem ATCS di kantor BPTD XX Sulteng di Palu, kemarin. FOTO/BARNABAS LOINANG

SultimNews.id, LUWUK— Balai Pengembangan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XX Sulawesi Tengah, yang berpusat di Palu, tidak hanya fokus mengembangkan sistem transportasi di ibukota Sulteng tersebut. Akan tetapi pembangunan juga dilakukan di kabupaten lain, termasuk di Kota Luwuk Kabupaten Banggai.

Kepala BPTD Wilayah XX Sulteng Hasan Bisri mengatakan, pembangunan juga dilakukan di Banggai Kepulauan. Untuk sektor penyeberangan, Kementerian Perhubungan membangun dermaga di pelabuhan penyeberangan Boniton. Pelabuhan penyeberangan ini menghubungkan antara Luwuk-Boniton.

“Tahun ini sementara dikerjakan,” ujar Hasan Bisri di kantor BPTD Sulteng di Palu, Kamis (4/7/2019).

Selain itu untuk memperlancar modal transportasi penyeberangan Luwuk Salakan, BPTD Sulteng sebagai pengawas operator penyeberangan di Sulawesi Tengah, juga mengefektifkan kembali pelabuhan penyeberangan Saiyong.

“Selama ini Saiyong tidak dipakai. Alasannya sepi. Maka mulai sekarang ini sudah diaktifkan. Pihak operator merasa ada kelebihan jarak mil sehingga mempengaruhi tarif,” jelas Hasan.

Terkait dengan sistem dan sarana transportasi jalan raya, pihak BPTD menjelaskan masih berfokus di Palu. Seperti pemasangan 11 titik ATCS di Palu. ATCS merupakan sistem traffic light yang terintegrasi dengan sistem kontrol terpusat dan cerdas mendeteksi kepadatan arus lalu lintas di persimpangan. Namun tidak menutup kemungkinan diterapkan di Luwuk.

“Sistem ATCS di Palu menggunakan kabel optic, jika di Luwuk yang jauhnya sampai 600 km, maka bisa saja menggunakan wifi ,” jelas Hasan.

Penerapan sistem transportasi yang modern di Luwuk memungkinkan dilaksanakan. Tapi tidak dalam waktu dekat. “Tahun 2019 ini kita menuntaskan rencana program 2014-2019,” jelas Hasan. (bas)

error: Content is protected !!