Sel. Apr 7th, 2020

Kabupaten Banggai Tak Dapat Kuota CPNS 2019

Ilustrasi. FOTO/NET

SultimNews.id, LUWUK- Pemerintah kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK tahun 2019.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelumnya juga telah mengumumkan kuota penerimaan CPNS dan PPPK yang dibutuhkan oleh pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, dengan total 254.173 lowongan. Sayangnya, tak ada satupun kuota yang disediakan untuk Kabupaten Banggai.

“Tahun ini sudah dipastikan tidak ada. Mungkin diprioritaskan ke daerah yang minim pegawainya. Tapi, dalam perencanaan tahun 2020-2024, itu kita akan usulkan lagi,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kabupaten Banggai, Sofyan Datu Adam, Rabu (31/7/2019).

Mantan Kabag Humas Setda Banggai ini menuturkan, pemerintah daerah pada tahun 2018 lalu telah memasukkan formasi CPNS berdasarkan Analisa Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Namun formasi yang diberikan tak seluruhnya terpenuhi.

“Soal usulan, kan sudah kita masukkan. Tapi, tidak dapat dipenuhi semua. Nanti secara bertahap,” terangnya.

Dari sisi jumlah PNS di Kabupaten Banggai, lanjut sambung dia, masih terdapat kekurangan. Khususnya tenaga pendidikan dan kesehatan.

“Tapi, kalau penyebarannya dimaksimalkan, mungkin tidak terasa,” katanya.

Sebelumnya, sambung dia, sudah ditegaskan bahwa pendistribusian PNS harus dilakukan agar tidak terjadi penumpukan di dalam kota.

“Hanya saja, dibutuhkan ketegasan dalam melakukan rotasi sesuai dengan kebutuhan dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien,” tandasnya. (and)

error: Content is protected !!