Sab. Apr 4th, 2020

Tim Wasrik Kodam Cek Program CSB di Banggai

Tim Wasrik Kodam XIII Merdeka saat kunjungi lokasi CSB. FOTO/ISTIMEWA

SultimNews.id, LUWUK- Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka melakukan pemeriksaan proyek cetak sawah baru (CSB) seluas 200 hektare di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, pekan kemarin.

Wilayah CSB yang dikunjungi yakni Desa Saiti Kecamatan Nuhon dengan luasan 30 hektare, 60 hektare di Desa Dwi Karya Kecamatan Bualemo, 20 hekatare di Desa Arga Kencana dan 25 hekatare di Desa Mekar Sari yang berada di Kecamatan Moilong, serta 65 hekatre di Desa Dongin Kecamatan Toili Barat.

Tim Wasrik Itdam XIII/ Merdeka yang dipimpin Kolonel Susanto L Manurung bersama 3 orang angotanya juga menyempatkan diri melakukan tatap muka dengan sejumlah kelompok petani yang bersentuhan langsung dengan CSB.

Mewakil Dandim 1308/ LB, Kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Abner Patambo, menyatakan, proyek CSB di empat kecamatan menurutnya sudah berjalan sesuai dengan rencana dan diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan.

“Semua sudah berjalan sesuai jadwal, mulai dari perencanaan hingga penyelesaian,” kata dia.

Sementara itu, Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka Letkol Inf Syamsul Bahri menyatakan, bahwa TNI bersama Kementan RI akan terus melakukan program CSB dengan maksud untuk mencapai target cetak sawah sesuai dengan harapan pemerintah. “Dan mengenai kerja sama dengan TNI juga tetap dilanjutkan,” ungkapnya.

Adapun mengenai sinergitas Kementan RI dengan TNI AD, Letkol Inf Syamsul Bahri menjelaskan, semuanya telah diwujudkan dalam berbagai kegiatan, diantaranya pengawalan Luas Tambah Tanam (LTT), Pengawalan Serap Gabah (Sergab) bahkan Penyaluran Pupuk Bersubsidi.

“Hal ini tentu sangat diapresiasi Kementan RI kepada TNI yang diiringi komitmen untuk terus mengawal sawah-sawah baru agar bermanfaat bagi petani penerima manfaat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan,” paparnya.

Lanjut dia, pada kegiatan cetak sawah oleh Kementan RI melalui Ditjen PSP terbagi dua, salah satunya kegiatan mencetak sawah dengan mengubah lahan tidur menjadi sawah serta optimalisasi lahan, atau sesuai Nawacita Presiden RI Joko Widodo dalam persiapan menuju lumbung pangan dunia tahun 2045.

“Dicetuskan kegiatan cetak sawah 1 juta hektare yang ditargetkan tercapai hingga pemerintahan Jokowi-JK berakhir, saat ini ternyata telah terwujud, bahkan CSB berlebih dari 1 juta hektare,” jelas Syamsul di hadapan petani. (awi)

error: Content is protected !!