Sel. Apr 7th, 2020

Dibayar Bertahap, Bank Sulteng Dapat Suntikan 9,2 Miliar

BERI SAMBUTAN: Bupati Banggai Herwin Yatim saat memberikan sambutan pada rapat paripurna di DPRD Banggai, Selasa (31/12). [Foto: Sofyan Labolo]

SultimNews.id, LUWUK- Pemda Banggai memberi penyertaan modal kepada PT. Bank Sulteng sebesar Rp9,2 miliar lebih.

Dana itu dicairkan secara bertahap dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.Bupati Banggai, Herwin Yatim saat memberikan sambutan pada rapat paripurna pengesahan raperda tentang penyertaan modal Pemda Banggai terhadap PT. Bank Sulteng, Selasa (31/12) mengatakan, dalam raperda ini penyertaan modal daerah kepada PT. Bank Sulteng sebesar Rp30 miliar. Modal daerah yang telah disetor pemda Banggai kepada PT. Bank Sulteng sampai dengan 31 Desember 2017 sebesar Rp20,7 miliar lebih.

Sedang penyertaan modal tahun 2019 dianggarkan Rp9,2 miliar lebih.

Bupati menambahkan, untuk memenuhi penyertaan modal modal tersebut melalui raperda ini, maka Pemda Banggai menyertakan modal secara bertahap, yakni tahun 2020-2024. Untuk tahun anggaran 2020 hingga 2023, penyertaan modal masing masing Rp2 miliar. Sedang di tahun 2024 dikucurkan Rp1,2 miliar lebih.

“Penyertaan modal kepada PT. Bank Sulteng diberikan bertahap. Akan tetapi melihat juga kemampuan keuangan daerah,” kata Herwin.

Berdasarkan ketentuan pasal 75 PP 58/2005 tentang pengelolaan keuangan daerah lanjut bupati, penyertaan modal Pemda dapat dilaksanakan, apabila jumlah yang disertakan dalam tahun anggaran berkenan telah ditetapkan dalam Perda tentang penyertaan modal. Hal itu sambung Herwin, dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan fungsi PT. Bank Sulteng dalam menunjang pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan demikian sangat perlu didukung dengan struktur permodalan yang kuat. (yan)

 

error: Content is protected !!