Sab. Apr 4th, 2020

DPP Partai Golkar Prioritaskan Kader, Maju Sebagai Calon Bupati Banggai

Irwanto Kulap

SultimNews.id, LUWUK— Peluang Ketua DPD Partai Golkar Banggai, Samsulbahri Mang untuk merebut rekomendasi partainya sebagai calon bupati Banggai 2020, lebih besar dibandingkan bakal calon lainnya. Alasan bahwa bakal calon bupati Banggai harus berasal dari kader partai, menjadi pertimbangan utama ketimbang hasil survei.

Fungsionaris Partai Golkar Banggai, Irwanto Kulap, mengatakan, partainya telah melaksanakan rapat pleno diperluas tentang penetapan bakal calon bupati dan wakil bupati 2020, di sekretariat DPD Partai Golkar Banggai.

Pada momentum itu, baik Ketua DPD maupun Sekretaris DPD Partai Golkar Sulteng sepakat untuk memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kandidat yang telah mendaftar di Partai Golkar dan memercayai partai ini menjadi kendaraan politik pada Pilkada 2020.

“Baik, pak Arus Abdul Karim (ketua) maupun pak Amran (sekretaris) memberi apresiasi kepada bakal calon dari luar Partai Golkar,” kata Irwanto.

Akan tetapi, sambung anggota Komisi 3 DPRD Banggai ini, Golkar punya aturan main atau panduan, sebagaimana dijabarkan dengan perubahan Juknis Nomor 6 Tahun 2016.

Irwanto tak menampik bahwa hasil survei menjadi salah satu landasan penilaian partai terhadap kandidat. Hal itu juga disampaikan unsur pimpinan Partai Golkar Sulteng saat pleno diperluas.

Akan tetapi Irwanto mempertegas, bahwa perlu diingat perubahan juknis tadi secara leter leg memberi ruang seluas-luasnya terhadap kader Partai Golkar, sebagaimana termuat dalam juknis tersebut. Pada Point 3 angka 1 berbunyi: mengutamakan dan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada kader Partai Golkar untuk menjadi  gubernur, bupati dan walikota untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.  Itu artinya, kata dia, kader Partai Golkar insyaallah lebih berpeluang dari pada calon lainnya.

Terlebih lagi, hasil survei Golkar antara kandidat petahana (Herwin Yatim) dan Samsulbahri Mang, hanya berada pada selisih yang tidak begitu jauh.

Dengan demikian, kata Irwanto, peluang Bali Mang untuk berlayar dengan menggunakan kapal sendiri semakin terbuka.

Untuk itu, Irwanto, mengimbau kepada semua kader, pendukung dan simpatisan partai Golkar, agar bersama-sama memenangkan Samsulbahri Mang dan Partai Golkar dalam suksesi pilkada Banggai nanti. “Untuk merealisasikannya, tentu saja selain berdoa juga kerja, kerja dan kerja,” pungkasnya. (yan)

error: Content is protected !!