Sab. Apr 4th, 2020

Herwin Yatim Dinilai Sukses Ciptakan Lingkungan Bersih di Banggai

Foto: Istimewa

SultimNews.id, LUWUK-BUPATI Herwin Yatim dinilai sebagai pemimpin yang sukses dalam menciptakan lingkungan nyaman dan bersih.

Hal itu ditandai dengan capaian penghargaan tingkat nasional bahkan internasional yang sudah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Banggai di bidang lingkungan.

Berkat Keberhasilan tersebut, kini Kabupaten Banggai di bawah kepemimpinan Bupati Herwin Yatim menjadi kebanggaan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan, diantaranya oleh Rahman Effendi (42) masyarakat dari kota Luwuk.

Menurutnya, melalui program gerakan Pinasa, Herwin berhasil menjadikan Banggai menjadi daerah yang bersih dan nyaman.

“Terima kasih atas pemerintah daerah Kabupaten Banggai. Alhamdulillah dengan Gerakan Pinasa, kota Luwuk yang kita cintai, lingkungannya semakin bersih,” ucap Rahman.

Rahman juga menambahkan semoga gerakan Pinasa mampu menjadi budaya dari masyarakat Banggai. Sehingga kebersihan lingkungan, baik di tingkat desa hingga kabupaten, dapat selalu terjaga.

Perlu diketahui, Gerakan Moral Pinasa (Pia Na Sampah Ala) tahun 2019 menyabet penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi-Birokrasi (Kemenpan-RB). Gerakan Inovasi Pinasa juga lolos untuk mengikuti UNPSA (United Nations Public Service Award) tingkat dunia tahun 2020.

Senada yang disampaikan oleh Rahman, Supriadi (24), pemuda dari Desa Masing menilai bahwa keberhasilan gerakan Pinasa, tidak hanya di kota Luwuk semata melainkan juga menyebar ke semua desa.

“Karena saya melihat gerakan Pinasa ini berpadu dengan kearifan lokal dan budaya. Sehingga gerakan ini dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat, baik di tingkat desa dan daerah,” ujar Supriadi.

Dalam kesempatan yang ada, Bupati Herwin Yatim berharap semua masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. Selain bagian dari keimanan khususnya muslim, kebersihan lingkungan juga untuk kesehatan kita semua.

“Selain memaksimalkan peran masyarakat, saya bersama Pak Mustar selaku pimpinan daerah menghimbau perangkat daerah dan perangkat desa. Untuk melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, setiap pekannya,” ujar Herwin Yatim. (*)

error: Content is protected !!