Sel. Apr 7th, 2020

Peringatan Hari Gizi ke-60 Berlangsung Sukses

SultimNews.id, LUWUK-Peringatan hari gizi ke-60 yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai berlangsung sukses.
Berbagai kegiatan dilakukan, sejak tanggal 24 Januari, dilanjutkan dengan penyuluhan tingkat SMA, kemudian lomba yel-yel tentang gizi, lomba rangking satu tentang gizi, launching posyandu remaja untuk perbaikan gizi pada anak SMP dan SMA, dan ditutup dengan kegiatan fun bike dan jalan sehat, Minggu (02/02).
Kegiatan yang berlangsung di lapangan Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk itu, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Mustar Labolo, Wakapolres Banggai Kompol Esriati Ndese, Dandim 1308 Letkol Inf. Fanny Pantouw, Kajari Banggai Masnur, Danposal Banggai Yusuf Wibowo, kepala OPD, perbankan, komunitas sepeda, siswa dan ribuan peserta lainnya.
Wabup Mustar Labolo dalam sambutannya menegaskan, masyarakat Banggai itu harus sehat sepenuhnya, baik jasmani dan rohani. Olehnya berolahraga sangatlah penting. Jika tidak harus diimbangi dengan yang baik dan bergizi seimbang empat sehat lima sempurna.
“Tidak boleh terlalu banyak karbohidrat, tapi makanlah buah dan sayur, kemudian yang bervitamin cukup, sehingga Banggai akan melahirkan generasi emas di tahun akan datang, dan tidak ada lagi anak yang lahir stunting, yakni ukuran 48 centimeter kembawah,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banggai, Dr. dr. Anang Otolowa mengaku pentingnya pengetahuan tentang gizi pada remaja, karena yang jadi persoalan sekarang banyak yang tidak mencukupi kebutuhan gizi Mikro, seperti zat besi itu yang biasa membuat anak remaja anemia atau kurang darah. “Ini yang kita tekankan agar perpormance mereka di sekolah atau saat bekerja tidak terkendala dengan perasan letih lesuh lemah karena kurang HB atau anemia,” terangnya.
Dan yang lainnya yang lainnya adalah gizi harus seimbang, karena sekarang bukan lagi empat sehat lima sempurna, tapi makan makanan beragam, dan gizi halal, kemudian lakukan aktifitas fisik dengan minum air 8 gelas per hari.
Usai melaksanakan fun bike dan jalan sehat, peringatan hari gizi tersebut juga dirangkaikan dengan launching lagu stunting dan Pinasa oleh mahasiswa Akper Luwuk. (gom)

error: Content is protected !!