Sel. Apr 7th, 2020

Siap Awasi APBD Jelang Pilkada, Kapolres Banggai: Disalahgunakan, Kami Tegakkan Aturan

Kapolres Banggai AKBP Budi Priyanto. [Foto; Asnawi Zikri]

SultimNews.id, LUWUK—Kapolres Banggai AKBP Budi Priyanto siap mengawasi ketat anggaran kecamatan yang digelontorkan pemerintah daerah Kabupaten Banggai mencapai Rp2 hingga 4 miliar di tahun ini.

Kata Kapolres, anggaran tersebut harus diperuntukkan untuk kesejahteraan masyarakat. Jangan disalahgunakan, apalagi untuk kepentingan politik menjelang Pilkada Banggai 2020.

“Tetap kami awasi. Kalau disalahgunakan, maka kami akan tegakkan aturan,” tegas Budi kepada SultimNews.id, siang ini.

Dia berharap pelaksanaan Pilkada Banggai akan berjalan aman, damai dan lancar. “Insya Allah,” kata dia.

Olehnya itu, Budi meminta peran aktif masyarakat membantu kepolisian dengan memberikan informasi bila ada situasi yang dapat memicu gangguan kamtibmas.

Selain itu, masyarakat tidak boleh menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian di media sosial, hindari politik uang serta tidak terprovokasi dengan isu-isu sesat yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebelumnya, Sebelumnya, Bupati Banggai Herwin Yatim menyatakan, tahun ini pemerintah daerah dalam sistim perencanaan pembangunan telah mendorong peran camat dalam mendesain perencanaan wilayahnya, yang dimasukan dalam Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK).

“Kami menggelontorkan minimal anggaran kecamatan itu Rp2 miliar, dan pagu kecamatan yang paling besar itu adalah Rp4 milair yang diperhitungkan sesuai jumlah desa dalam kecamatan. Ini adalah bentuk penguatan kepada Camat dalam mengintervensi pembangunan skala prioritas  di wilayahnya,” tandas bupati saat Musrenbang RKPD di kecamatan Lobu, belum lama ini. (awi)

error: Content is protected !!