Sel. Apr 7th, 2020

Libur Sekolah karena Korona, Anak-anak Belajar Membaca Bareng Om-om TNI

Anggota TNI ajari anak-anak belajar membaca. Dok: Satgas TMMD

SultimNews.id, LUWUK— Dampak virus korona (Covid-19) hingga ke dunia pendidikan. Sekolah diliburkan selama dua pekan dengan alasan memutus mata rantai penyebaran virus yang sudah membunuh 78 orang per 26 Maret 2020 tersebut.

Anak-anak hanya diwajibkan di rumah. Jangan berkeliaran. Pemerintah menyarankan pihak sekolah membuat sistem belajar via online.

Meski begitu, anak-anak yang berada di Desa Argakencana Kecamatan Moilong dan Desa Samalore Kecamatan Toili belum bisa belajar menggunakan sistem online lantaran jaringan telekomunikasi belum terakses dengan baik.

Melihat anak-anak tersebut tanpa sentuhan pendidikan, dua prajurit yang kebetulan berada di desa tersebut untuk mengerjakan program TMMD ke 107 Kodim 1308 Luwuk Banggai langsung mengajak mereka untuk belajar.

Kedua anggota Satgas TMMD 107 tersebut adalah Serka Hari Yuliono dan Praka Edy Muliyono.

“Kami mengajak anak-anak Dusun 3, Desa Argakencana untuk belajar membaca karena mereka libur sekolah akibat dampak dari virus korona,” ujar Serka Hari Yuliono, Kamis (26/3/2020).

Dua anak yang diajak untuk belajar itu adalah Aini, 8 tahun, dan Cahyo Kusumo, 8 tahun. Keduanya masih duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar (SD).

“Mereka sangat terlihat senang dan rajin belajar,” tutur dia.

Sambil mengahari mereka membaca, Serka Hari mengingatkan mereka agar selalu rajin belajar—bukan hanya di sekolah, tetapi di rumah harus lebih giat lagi dalam menuntut ilmu agar cita-cita yang diimpikan terwujud dalam dapat membanggakan orang tua dan keluarga. (awi)

error: Content is protected !!