Sel. Apr 7th, 2020

Tidak Pernah Disentuh Bantuan, Satgas TMMD Langsung Renovasi Rumah Saina

Gotong royong rehab rumah penjual sayur. Dok: Satgas TMMD

SultimNews.id, MOILONG— Saina (55) bersama cucunya bernama Amin (10) tinggal di sebuah rumah tidak layak huni. Rumah peninggalan orang tua Saina berukuran sekitar 4 X 3 meter itu terletak di Dusun I, Desa Argakencana, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai.

Selama ini, Saina tidak pernah tersentuh bantuan sosial dari pemerintah daerah maupun pemerintah desa. Namun, berkat program TMMD 107 Kodim 1308 Luwuk Banggai, Saina akhirnya mendapatkan bantuan sosial berupa renovasi rumah setelah.

Dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, ibu paruh baya itu hanya mengandalkan hasil penjualan sayur rebung. Saina tidak tersentuh bantuan karena kendala adminitrasi kependudukan. Sehingga bantuan baik itu program keluarga harapan (PKH) maupun bantuan sosial lainya dari pemerintah pearah dan pemerintah desa tidak pernah diterima.

Atas dasar itulah, rumah Saina dimasukan dalam daftar penerima bantuan rehab rumah dari Kodim 1308 Luwuk Banggai. Dari puluhan warga yang menerima bantuan, rumah Saina yang dilakukan rehab total.

“Terimakasih pak TNI karena sudah membuatkan rumah untuk saya. Mau harap anak-anak saya sudah berkeluarga semua, “ ungkap Saina terharu, Kamis (26/3/20200

Meski hanya berjualan sayur rebung, namun Saina tidak pernah putus asa. Ia terus beraktivitas, meski keuntungan yang diperoleh hanya cukup untuk kebutuhan sehari hari. Saina telah 15 tahun menjanda semenjak suaminya meninggal. Saina menjadi tulang punggung keluarga. Dia harus menghidupi cucunya yang telah duduk di bangku kelas 5 SD.

“Ibu anak ini telah lama meninggal, semenjak umur 1 tahun lebih, bapaknya sudah menikah lagi di Sulawesi Tengara” ungkap Saina. (awi)

error: Content is protected !!