Mon. May 25th, 2020

Cegah Covid-19, JOB Tomori Kembali Salurkan Bantuan untuk Stakeholder dan Warga Banggai

JOB Tomori salurkan bantuan. [FOTO/IST]

SULTIMNEWS.ID, BANGGAI— Komitmen Joint Operating Body Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) sebagai perusahaan hulu minyak dan gas bumi (migas) terus bekerja sama dengan Pemda Banggai dalam menanggulangi wabah corona virus desiase 2019 (Covid-19).

Jika sebelumnya perusahaan yang mendapat izin pemerintah melakukan operasi produksi di blok Senoro, Kecamatan Batui Selatan ini menyalurakan alat kesehatan dan sembako untuk masyarakat di Kabupaten Banggai dan Morowali Utara melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kali perusahaan di bawah pengawasan SKK Migas tersebut menyalurkan bantuan berupa handsanitizer, masker, thermal scanner dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai.

Bantuan ini diperuntukkan untuk unsur Forkopimda selaku instansi yang tidak terpisahkan dari Gugus Tugas Covid-19 Banggai, seperti Polres Banggai, Kodim 1308 Luwuk Banggai, Pos Angkatan Laut (Pos-AL) Luwuk Banggai serta diteruskan kepada Polsek Kintom, Koramil Kintom, Polsek Batui, Koramil Batui, dan Polsek Toili serta Gugus Tugas Kecamatan Batui Selatan dan desa di sekitar area perusahaan.

Adapun bantuan kepada gugus tugas desa di sekitar wilayah operasi CPP Senoro yakni kepada pemerintah Desa Paisubololi, Desa Masing, Desa Bonebalantak, Desa Gori-Gori dan Desa Sinorang sesuai hasil koordinasi dengan gugus tugas kabupaten dan kecamatan disalurkan pada Sabtu (16/5/2020).

Sedangkan bantuan kepada Gugus Tugas Kabupaten yang diteruskan kepada Forkopimda diserahkan kepada Dandim 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf. Fanny Pantouw, Kapolres Banggai AKBP Budi Prayitno dan Danpos-AL Luwuk Banggai Letda Laut Dwi Purwanto, pada Jumat (15/5/2020).

Menurut Security Superintendent JOB Tomori, Asep Jaenal Sodikin usai menyerahkan bantuan tersebut menyatakan, bahwa sebelumnya JOB Tomori menerima permohonan bantuan dari beberapa stakeholder terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan setelah melalui proses pengajuan dan mendapat persetujuan dari SKK Migas, akhirnya bisa disalurkan.

“Kami berharap semoga bantuan yang di salurkan ini bermanfaat, khususnya bagi stakeholder JOB Tomori serta masyarakat Banggai yang selama ini telah mendukung kelancaran operasi perusahaan,” ujar Asep—sapaan akrabnya.

Selama masa pandemic Covid-19 tambah Agus Sudaryanto selaku Security-ComDev & Relation Manager JOB Tomori, bahwa industri hulu migas mendapat tantangan berat dan tanggung jawab yang besar, paling tidak pihaknya memiliki dua tugas besar sebagai operator negara, yakni memastikan kebututuhan pasokan migas tetap terpenuhi untuk menjaga ketahanan energi nasional sekaligus dalam waktu yang bersamaan harus tetap bekerja di tengah pandemi Covid-19 bagi karyawan yang ditugaskan.

“Karenanya kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk bahu membahu, mendukung terlaksananya amanah yang diberikan oleh negara kepada JOB Tomori untuk menjamin terpenuhinya pasokan energi nasional,” tegas Agus saat dikonfirmasi secara terpisah.

Selain itu, Agus juga menambahkan bahwa JOB Tomori tetap melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat kepada seluruh pekerja dalam melaksanakan aktivitas pekerjaannya. Ini sebagai wujud dari komitmen perusahaan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, SKK Migas dan Pemda Banggai. Dimana seluruh pekerja diwajibkan melakukan tahapan karantina mandiri selama 14 hari, pemeriksaan rapid test secara berkala, baik sebelum bekerja, pada saat bekerja maupun sebelum off duty guna memastikan hasilnya benar-benar negatif dan disampaikan kepada dinas terkait, sebagai salah satu syarat mutlak bagi karyawan terbebas dari Covid-19. (*/awi)