Ming. Mar 29th, 2020

DED Pengembangan Wisata Luk Panenteng Disusun

Objek wisata Luk Panenteng di Banggai Kepulauan. FOTO/NET

SultimNews.id, SALAKAN- Pengembangan destinasi wisata Luk Panenteng Kecamatan Bulagi Utara telah memasuki tahap penyusunan Detal Enginering Design (DED) yang merupakan prodak konsultan perencana.

Dalam menyusun, pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bangkep melalui Dinas Pariwisata bekerja sama dengan pusat studi pariwisata Universitas Gajah Mada.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bangkep Bambang Widiatmoko mengatakan, pengembangan pariwisata membutuhkan perencanaan matang, komprehensif dan tentunya sarat akan kajian serta analisis akurat yang melibatkan tim ahli mumpuni berkredibilitas. “Dan berkapabilitas mumpuni dibidangnya,” ungkap Bambang, Jumat (28/6/2019).

DED, kata dia, adalah lanjutan dari Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten (RIPARKAB). Pengembangan pariwisata sendiri merupakan misi keempat Pemda yang diharapkan menjadiindustri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mewujudkannya bukanlah sesuatu yang instan. Maka dibutuhkan kerja sama OPD serta stake holder terkait untuk bersama-sama mewujudkan harapan pemerintah di sektor pariwisata,” tuturnya.

DED pula merupakan pedoman utama bagi implementasi pengembangan dan pengelolaan daya tarik wisata, khususnya yang berada di Luk Penenteng.

Sementara itu, Ketua Prodi Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada, Hendrie Adji Kusnoro menambahkan, penyusunan DED KSP 1 Luk Panenteng dan sekitarnya merupakan bentuk identifikasi titik potensial daya tarik wisata, serta penyusunan siteplan pengembangan serta menyusun gambar kerja dan rencana pembiayaan.(iman)

error: Content is protected !!