Sen. Mar 30th, 2020

FKM Untika Luwuk Programkan Pelatihan SKM Cilik

Ramli Bidullah

SultimNews.id, LUWUK-Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk memprogramkan pelatihan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) cilik bagi siswa SD di kota Luwuk, Desember 2019 hingga Januari 2020.

Dekan FKM Untika Luwuk, Ramli Bidullah mengatakan, program pelatihan SKM Cilik tersebut baru pertama kali dilakukan. Sebagai kegiatan perdana, program ini baru mereka laksanakan ditiga sekolah, yakni SDN Pembina Luwuk, SDN 4 Luwuk dan SDN 3 Luwuk.

“Setiap sekolah hanya bisa diwakili oleh 10 siswa. Para siswa inilah yang akan dilatih oleh mahasiswa FKM untuk menjadi SKM cilik,” jelas Ramli, Selasa (7/1).

Ramli menerangkan, para siswa SD yang dilatih tersebut dimaksudkan adalah upaya promotif prefentif pencegahan penyakit bagi teman sebaya. Para siswa yang menjadi SKM cilik ini memiliki kemampuan untuk menyampaikan pencegahan penyakit bagi teman sekolah mereka.

“Mereka dilatih untuk cuci tangan, disampaikan bahaya merokok, tentang kantin kesehatan, hingga kebersihan lingkungan,” terangnya.

Selain itu, melalui pelatihan SKM cilik ini, nilai-nilai kesehatan masyarakat sudah ditanamkan kepada siswa SD sejak dini. Sehingga, para siswa sudah memiliki pengetahuan tentang bagaimana mencegah penyakit dan perilaku hidup sehat.

“Dari sekarang sudah harus ditanamkan tentang upaya pencegahan penyakit, sehingga perilaku hidup sehat sudah terbawa-bawa dari sekarang,” terangnya. (leb)

error: Content is protected !!