Jum. Feb 21st, 2020

Golkar Kabupaten Banggai Sikapi Manuver Politik Haji Amir

Irwanto Kulap

SultimNews.id, LUWUK— Dari lima partai politik (parpol) yang dilirik bakal calon bupati (cabup) Banggai, H. Amiruddin Tamoreka, salah satunya Partai Golkar. Kader beringin rindang pun bersikap atas manuver politik Haji Amir-sapaan pengusaha sukses yang satu ini.

Fungsionaris Partai Golkar Kabupaten Banggai, Irwanto Kulap, Kamis (12/12) kemarin mengatakan, hasil musyawarah nasional (Munas) DPP Partai Golkar, 3-6 Desember 2019 salah satu pointnya adalah mendorong kader murni tampil sebagai calon kepala daerah.

“Itu sudah menjadi keputusan DPP,” kata Irwanto.

Akan tetapi sebelum kader didorong dalam kontestasi pilkada, terlebih dahulu DPP melakukan survei. “Tetap menempuh mekanisme survei yang fair dan obyketif,” kata Irwanto.

Bagaimana ketika kader Golkar dalam hasil survei tidak menjanjikan untuk didorong sebagai calon bupati? Irwanto menjawab, itu menjadi ranah DPD I Sulteng serta DPP pusat.

“Apakah tetap didorong maju atau tidak, itu menjadi kewenangan level kepengurusan atas,” jelas Irwanto.

Akan tetapi Irwanto yang juga Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Banggai ini berharap, sebagai calon bupati tunggal dari partai Golkar, elektabilitas Samsulbahri Mang tinggi dan memungkinkan didorong sebagai calon Banggai I. Bagaimana dengan langkah politik Haji Amir yang berkeinginan menggunakan perahu Partai Golkar di pilkada tahun depan?

Disodor pertanyaan itu, politikus yang berobsesi maju di sebagai caleg DPRD Sulteng pada pileg 2024 ini berujar, ketika ada upaya kandidat lain merapat ke Golkar, tentu pihaknya tidak bisa menghambat. Sebab itu bagian dari hak politiknya.

“Kami tidak bisa hambat. Itu hak politiknya,” ucap legislator dapil II ini. (yan)

error: Content is protected !!