Sen. Mar 30th, 2020

Hujan Lebat dan Angin Kencang “Teror” Sulteng

ILUSTRASI HUJAN LEBAT

SultimNews.id, JAKARTA— Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat  disertai angin kencang akan berlangsung mulai 17 Desember hingga 19 Desember di beberapa wilayah di Indonesia.

Sebab menurut keterangan pers BMKG yang diterima CNNIndonesia.com hari ini (17/12), terdapat sirkulasi siklonik (pusaran angin yang membawa massa udara atau uap air) di Laut Natuna, Samudera Pasifik bagian utara Papua, Australia bagian utara.

Selain itu terjadi konvergensi memanjang dari Laut Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah, Maluku Utara bagian selatan hingga Papua Barat. BMKG pun mencatat adanya belokan angin di sekitar wilayah khatulistiwa.

Menurut catatan dari BMKG, untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat hari ini antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Sementara esok hari (18/12), sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Maluku.

Sedangkan Kamis (19/12) lusa, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan Maluku masih berpotensi dilanda hujan lebat.

Lalu, wilayah yang akan dilanda hujan lebat disertai angin kencang hari ini ialah Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

BMKG mengatakan kondisi yang sama juga bakal terjadi di wilayah-wilayah tersebut pada Rabu (18/12) esok.

Pada Kamis (19/12), Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Jawa Barat, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang hingga petir. (din/DAL/Cnnindonesia)

error: Content is protected !!