Mon. May 25th, 2020

PKB Jadi Penentu Pasangan Calon AT-FM

Syafruddin Husain

SultimNews.id, BANGGAI-Pasca lepasnya PAN, Partai NasDem tak cukup bagi bakal pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati Banggai, Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM) sebagai kendaraan politik di pilkada 9 Desember 2020. Karena NasDem hanya memiliki 6 kursi dari 7 kursi syarat minimal koalisi parpol.

Dari 9 parpol yang memiliki kursi di parlemen lalong, PKB belum bertuan. Dengan demikian, PKB menjadi penentu bagi paket AT-FM, apakah menjadi kontestan di pilkada atau sebaliknya.

Ketua DPC PKB Kabupaten Banggai, Syafruddin Husain yang dihubungi Rabu (13/5) kemarin mengaku, sampai saat ini partainya belum memberi dukungan kepada bakal pasangan calon tertentu di pilkada, termasuk AT-FM.

“Belum ada rekomendasi. Saya juga masih menunggu,” kata Syafruddin.

Ketua Fraksi PHP (PKB-Hanura-Perindo) DPRD Banggai ini membenarkan bahwa partainya menjadi penentu bagi AT-FM. “Memang benar, PKB menjadi penentu buat paket tersebut,” ucapnya.

Akan tetapi tambah politisi yang akrab disapa Haji Udin ini, bakal paslon Samsulbahri Mang-Heppy Manopo juga masih berjuang memperebutkan rekomendasi atau surat keputusan (SK) dari DPP PKB. “Iya, pak Bali juga masih berjuang merebut PKB,” ucapnya.

Masih dengan komentar Haji Udin, sejak proses penjaringan di DPP dipending, menyusul adanya virus covid-19, sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi lanjutan.

“Sejak dipending saat mewabahnya virus korona, kami di DPC belum mendapatkan kabar lanjutan dari DPP. Sehingga sampai saat ini kemana dukungan PKB di pilkada Banggai, belum ada,” kata Haji Udin. (yan)