Mon. May 25th, 2020

Pupuk Kadaluarsa Penyebab Petani Gagal Panen

Hamparan sawah di Kecamatan Toili. [FOTO: ASNAWI]

SULTIMNEWS.ID, BANGGAI— Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Banggai juga menjadi sorotan Pansus LKPj DPRD Banggai. Sebab di tahun anggaran 2019, organisasi perangkat daerah (OPD) ini kecolongan. Pasalnya, banyaknya bibit kadaluarsa yang diterima para petani. Akibatnya menjadi pemicu gagal panen.

Dalam rekomendasi Pansus disebutkan, penyaluran bibit kepada para petani, masih kurang diperhatikan tentang kualitas bibit. Pansus pun meminta kepada kepada Pemda untuk lebih teliti dalam menyalurkan bantuan bibit kepada para petani, baik melalui APBN, APBD provinsi maupun APBD kabupaten. Dengan demikian para petani dapat meningkatkan kualitas produksi pertanian.

Termasuk juga Pansus meminta dalam penyaluran bantuan alat pertanian, lebih memprioritaskan kepada para petani yang membutuhkan. Alasan Pansus, fakta yang terjadi di lapangan, banyak petani yang sudah mapan secara ekonomi, malah mendapatkan bantuan tersebut. Begitu pula soal penyaluran bantuan kartu petani sejahtera (KPS) agar tepat sasaran. (yan)